CARA MENGGUNAKAN MESIN OBRASS

Terdapat beberapa beberapa jenis mesin jahit seperti Obras, overdack, rantai, satu jarum dan lain-lain.
Sesudah kain dipola serta dipotong tentu saja kamu harus menyiapkan mesin jahit, supaya proses jahit lancar tak perlu mengganggu waktu kerja. Kesempatan ini kita akan mengulas satu dari ke empat type mesin jahit yang biasa dipakai untuk usaha konveksi rumahan atau pabrik, yakni type Obras.

Mesin obras adalah mesin berkecepatan tinggi yg berperan buat merapihkan tepi baju lewat cara mengobras (overlock) pada sebuah operasi. Mesin ini mempunyai pisau bagian bawah yg
diam, & pisau atas yg bergerak. Saat mesin dalam kondisi bergerak ke-2 pisau ini kerja seperti gunting yg memangkas tepian kain, karena itu menghasilkan pojok kain yg rapi & bagus. Mesin overlock ini dapat juga diakali jadi gabungan safetystitch/obras (overlock) yg menghasilkan jahitan rantai, hiasan sekaligus juga jahitan obras dalam 1x kerja.

Menempatkan Jarum Obras

Strategi pemasangan jarum mesin obras yg berupa bundar pada bagian atasnya hampir sama dengan menempatkan jarum mesin jahit biasa. Yakni dgn melapangkan sekrup tiang jarum, selanjutnya masukkan jarum sampai keatas bersama dengan memakai penjepit (tang). Komponen yg harus dilihat yaitu posisikan jarum dgn bagian cembung ada pada bagian belakang. Setelah jarum terpasang dgn benar selanjutnya pasang kembali skrup penguat jarum dan mengencangkan kembali.

Menempatkan Benang Mesin Obras

Buat ganti benang ke overlock machine, hingga benang dicabut dari jarum seterusnya diganti dgn warna yg diinginkan. Longgarkan bagian tension agar benang akan terlepas, tidak dengan masalah. Yakinkan jika benang telah aman & mempunyai simpul-simpul yg pass kecil karena itu dapat melewati looper. Sedang untuk mesin obras benang tiga, benang yg bisa digunakan juga sejumlah tiga. Benang sebelumnya terdapat pada bagian bawah depan mesin obras, benang ke-2 adalah benang atas yg dimasukkan pada jarum atas, sedang benang ke-3 terdapat di bagian samping kiri mesin.

Mengendalikan Tegangan Benang

Jika hasil obrasan kurang rapi atau kurang bagus hingga bidang tegangan benangnya harus dirubah. Utk melapangkan benang bidang tegangan benang harus diputar mengarah kiri sedang buat kencangkan benang tegangan benang harus diputar kerarah bersimpangan ialah ke kanan. Tetapi seandainya hasil obrasan benang bagian depan terlampaui pendek, hingga tegangan benang pada bagian depan harus dilonggarkan bersama dengan trick memutarnya mengarah kiri.

Pindai Pisau Mesin Obras

Sama Seperti dalam gunting tajam yg berperan buat memangkas kain, pisau yg ada di mesin obras juga harus tajam. Pergantian pisau mesin obras yg sudah tumpul salah satu strategi yg dapat dikerjakan sesring mungkin utk menjaga mesin obras supaya kerja secara baik & menghasilkan jahitan yg maksimal.

Mengobras Kain

Selanjutnya tempatkan bahan yg akan diobras lewat cara memasukkan tepian bahan melalui bawah sepatu obras sampai kurang lebih tepian kain bisa terpotong dikit oleh pisau yg ada pada mesin obras. Injak bagian pedalnya dgn perlahan-lahan, gunakan tangan kiri utk menggenggam kain yg belum diobras & tangan kanan menggenggam kain yg telah diobras.

Seandainya kegiatan mengobras sudah usai kemudian tersisa hasil obrasan pada bagian pinggir bahan dipotong. Cabut kabel dynamo & serempak membersihkan sisa-sisa benang atau potongan kain menggunakan kuas mungil atau vacuum cleaner utk mengisap sisa-sisa kain yg masuk dalam antara meja mesin jahit selanjutnya minyaki mesin bersama dengan minyak mesin obras dahulu tempatkan kain perca dibawah sepatu mesin obras. Salam konveksi kaos jogja

Add Comment